Monday, January 23, 2012

AMALAN DUNIA BISA MENJADI PAHALA


            Percaya atau tidak, ternayata amalan-amalan kita sehari hari yang bayak orang mengatakan bukan ibadah kepada allah swt ternyatata bisa dihitung sebagai ibadah dan bisa menjadi pahala yang sangat besar dan luar biasa. Anda semua boleh percaya juga boleh tidak, itu hak anda. Tapi ini memang benar bisa terjadi jika kita tahu ilmu nya. Kali ini saya akan berbagi pengetahuan dan ilmu yang saya dapat dari guru agama mengenai amalan dunia yang bisa menjadi pahala.

Rasulullah saw bersabda yang Artinya : “sesungguhnya amal itu tergantung niatnya”
            Sesuai dengan hadits nabi diatas, bahwa amalan yang kita lakukan itu tergantung pada niat kita. Maka Agar amalan kita bisa diterima dan syah serta mendapat balasan pahala dari allah swt, maka hendaknya kita semua memperhatikan niat di dalam hati kita sebelum kita melakukan amalan tersebut. Jika niat amalan kita bagus, tentunya pahala yang akan allah berikan pastinya akan bagus juga. Tapi sebaliknya, walaupun amalan yang kita lakukan termasuk amalan yang bagus tapi niat dalam hati kita tidak bagus alias buruk, maka itu semua sama saja bohong alias tiada artinya.
Mungkin Sama halnya dengan amalan ibadah, amalan sehari-hari pun bisa bernilai ibadah di mata allah swt jika di dalam hati kita ada baik. Misalnya saja bekerja, bekerja bisa bernilai ibadah jika dalam hati kita ada niat bahwa bekerja yang kita lakukan untuk bekal kita beribadah kepada allah, dan untuk memenuhi kewajiban menafkahi keluarga. Maka insya allah amalan bekerja kita bisa menjadi pahala yang insya allah dapat kita jumpai hasilnya di akhirat kelak.
Lain halnya dengan jika ada orang yang naik haji dan umroh setiap tahun, tapi niat di dalam hati kita bukan niat untuk beribadah kepada allah melainkan dia hanya naik haji karena ingin dipandang kaya karena bisa naik haji berulang-ulang, itu semua tidak ada artinya. Orang tersebut Cuma dapat capeknya saja sedangkan pahala ibadahnya tidak dia dapatkan
Semua amalan dunia kita bisa bernilai ibadah, yang perlu dilakukan adalah mengelola niat kita dengan baik agar perbuatan kita selalu atas nama allah, bukan karena apapun. Karena sesungguhnya manusia diciptakan oleh allah untuk beribadah kepadanya sesuai dengan salah satu ayat dalam al-qur’an yang artinya: “sesungguhnya kami tidak  menciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah”
 Semua amalan dunia yang kita lakukan hanya sebagai jalan agar kita tetap bisa beribadah dengan baik. Karena itu niatkan lah oleh kita pada semua amalan yang kita lakukan (kecuali pada amalan yang diharamkan) adalah “ semua ini agar bisa beribadah kepada allah”. Niat tersebut harus benar-benar niat dari hati yang terrrrdalam, bukan karena telah membaca artikel ini he he.
Demikianlah sajian artikel kali ini, kesimpulannya adalah semua amalan dunia (kecuali yang diharamkan) kita  sehari-hari dapat bernila pahala jika niat kita baik. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita, dan saya mohon maaf jika artikel ini terkesan menggurui pembaca, sungguh saya tidak berniat seperti itu. Saya hanya berbagi ilmu agar kita sama-sama tahu.

2 Comment:

Silahkan anda berkomentar....., baik itu saran maupun kritik tapi bukan spam. tinggalkan jejak anda di sini, jangan menjadi silient visitor di blog ini. dan satu lagi anda tidak diizinkan untuk menaruh link di komentar. jika dilakukan saya tidak segan menghapus komentar anda tanpa pemberitahuan. terima kasih