Saturday, May 19, 2012

Istighfar


            Sebagai manusia yang tak lepas dari salah dan dosa, sudah sepantasnya kita selalu meminta pengampunan dari allah atas segala dosa yang pernah di lakukan. Salah satu nya dengan beristighfar. Kita dianjurkan untuk memperbanyak beristighfar. karena banyaknya dosa yang kita lakukan tanpa kita sadari.

Secara bahasa Istighfar berasal dari kata Ghafara yang artinya menutup. Bila kata ini diawali dengan huruf alif, sin, dan ta' maknanya menjadi meminta atau mengusahakan agar mendapatkan ghafr. Jadi, istighfar memiliki arti memohon agar kita ditutupi dari segala dosa oleh Allah swt. Tidak hanya arti tersebut, ada makna lain dari istighfar. menurut Imam Ali bin Abi Thalib, Istighfar adalah derajatnya orang-orang yang dekat dengan Allah. Dan ketahuilah bahwa istighfar itu suatu nama yang mengandung / mempunyai 6 arti yaitu:
1.      Menyesali atas apa-apa yang telah terjadi di masa lampau.
2.      Bertekad untuk meninggalkan kembalinya perbuatan itu selamanya.
3.      Supaya engkau memberikan kepada semua manusia hak-hak mereka sehingga
4.      engkau menemui Allah, tidak ada yang mengikutimu dari hak-hak itu. Supaya engkau mengerjakan setiap kewajiban yang engkau telah tinggalkan dan engkau tunaikan hak-haknya.
5.      Daging-daging yang tumbuh dari hasil pencarian yang haram, engkau lumerkan dengan kesedihan-kesedihan, sehingga melekat/menempel kulit dengan tulang dan tumbuh di antara nya setelah itu daging yang baru.
6.      Supaya engkau merasakan badan yang sakit karena mengerjakan taat, seperti engkau merasakan manisnya maksiat.Dan setelah itu, ujar Imam Ali as, barulah engkau mengucap:"Astaghfirullah"
Hadits Nabi muhammad: “Dari Abdullah bin Abbas, bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Barang siapa memperbanyak istighfar, niscaya Allah menjadikan untuk setiap kesedihannya jalan keluar; dan untuk setiap kesempitannya kelapangan; dan Allah memberinya rezeki (yang halal) dari arah yang tidak disangka-sangkanya" (HR Ahmad, Abu Dawud, Ibnu Majah, dan Hakim).
Dari hadits tersebut terlihat bahwa salah satu "fungsi" istighfar adalah "meredam" murka Allah dan menghindarkan kita dari akibat dosa yang pernah kita lakukan. Yang tak kalah penting, istighfar pun dapat mendatangkan cinta dan kasih sayang Allah seperti yang terungkap dalam hadis di atas.
Hadits lain menyebutkan keutamaan dari istighfar yaitu: “berkata imam muhammad: "Di bumi ini ada dua pengaman dari siksa Allah. Salah satunya telah di angkat oleh Allah dan bagian yang lain, maka berpegang teguhlah dengan yang lain itu. Ketahuilah bahwa pengaman yang telah di angkat oleh Allah adalah Rasulullah Saaw dan yang lainnya ialah Istighfar."
Ada tiga kemudahan yang akan  Allah swt berikan kepada orang-orang yang selalu beristigfar, tentu dengan sebenar-benarnya istighfar. Pertama, Allah akan memberinya "hiburan" ketika ia dalam keadaan bersedih atau dalam kesusahan. Kedua, Allah memberikan kelapangan di balik kesempitan. Ketiga, istighfar dapat mendatangkan rezeki. Antara istighfar dengan rezeki sangat erat kaitannya. Boleh jadi keduanya adalah sebab dan akibat. Allah SWT berfirman, "Mohon ampunlah kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Dzat Yang Maha Pengampun. Niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, membanyakkan harta dan anak-anakmu, mengadakan untukmu kebun-kebun, dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai"
Demikianlah mengenai Istighfar. semoga kita senantiasa beristighfar kapan pun dan dimana pun. Karena rasulullah pun yang sudah dijamin masuk surga masih selalu beristighfar setiap hari. Bagaimana dengan kita, kita belum mendapat jaminan dari allah masuk surga. Kita pun jarang beristighfar. semoga kita termasuk orang-orang yang beristighfar kepada nya. Terakhir semoga artikel ini bermanfaat. amin

7 Comment:

  1. thanks ya udah posting topik "Istighfar" ini, jadi kembali ingat saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama sob, kita kan harus saling mengingatkan.

      Delete
  2. bahasanya hheeuu hheeuu .. . yang jelas say berterima kasih sudah di buatkan artiel yang bermanfaat inii sob ...

    tapi maaf hanya untuk muslim ya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Artikel ini untuk semua. tapi isi nya ajaran muslim mas.

      Delete
  3. NICE SHARE GAN, semuanya akan kembali kepada Allah swt. maka dari itu janganlah sesekali engkau lupa kepada sang pencipta Allah azza wa jalla

    ReplyDelete
  4. wahhh, manteb banget nih gan :)

    ReplyDelete
  5. makasih udah berkomentar di sini ya.

    ReplyDelete

Silahkan anda berkomentar....., baik itu saran maupun kritik tapi bukan spam. tinggalkan jejak anda di sini, jangan menjadi silient visitor di blog ini. dan satu lagi anda tidak diizinkan untuk menaruh link di komentar. jika dilakukan saya tidak segan menghapus komentar anda tanpa pemberitahuan. terima kasih